Menyelesaikan Masalah Xapush Ads pada Notifikasi Android

Hati – hati jika anda memasang aplikasi android meskipun secara resmi di download melalui Play Store, karena beberapa aplikasi membawa ads atau iklan yang bukan hanya menggunakan akses data di ponsel android anda tapi juga membaca berbagai data termasuk lokasi anda. Selain itu, iklan – iklan seperti ini juga mengganggu seperti yang saya temukan ini yaitu XAPUSH ADS.

Awal mulanya saya mendownload sebuah aplikasi gratis di Play Store kemudian menginstallnya secara otomatis. Namun ternyata aplikasi tersebut tidak dapat digunakan dengan baik dan hanya memunculkan iklan – iklan yang tidak jelas. Akhirnya saya memutuskan untuk menghapusnya. Namun ternyata tidak selesai sampai di sini, masih ada masalah berlanjut setelahnya. Secara tiba – tiba ponsel saya memunculkan notifikasi setiap sekitar 20 – 30 menit sekali yang berisikan link iklan dari XAPUSH.

Continue reading

Tarakan, Sejarahnya Tak Dimiliki Oleh Negaranya Sendiri

Sangat banyak dalam buku sejarah edisi cetak di Indonesia hanya menceritakan perjuangan dan perperangan yang terjadi di Jawa dan sekitarnya mulai dari Portugis, Belanda, Jepang hingga Kemerdekaan Indonesia. Namun, sangat miris melihat Indonesia sendiri tidak memiliki cerita dibalik Kota Tarakan. Salah satu kota yang menjadi pintu masuk tentara Jepang dan menjadi rebutan saat itu karena cadangan minyaknya sangat banyak.

Tak heran sejak Jepang masuk sekitar tahun 1942 hingga sekarang (2012), kota Tarakan sendiri masih memproduksi minyak bumi dan sekarang dikenal dengan kota minyak. Sejarah yang panjang dilalui oleh kota Tarakan, terlihat banyak gedung – gedung bersejarah serta bekas – bekas bunker Belanda dan Jepang yang masih tersisa. Selain itu, menara – menara minyak juga masih bertahan puluhan tahun lamanya. Rumah – rumah peninggalan Belanda yang dahulu menjadi rumah para staf pekerja di perminyakan, saat ini masih dipergunakan. Daerah Distrik 1, 4, dan 6 yang juga merupakan daerah perumahan kini disebut dengan Kampung 1, Kampung 4 dan Kampung 6.

Continue reading

Wisata Outdoor, Pilihan Tepat Untuk Rekreasi Bersama Keluarga

Sebentar lagi akan ada liburan panjang mulai esok hari (15/11) sampai hari Minggu (18/11) terutama bagi PNS dan karyawan swasta yang diberikan libur hari Sabtu dan cuti bersama pada hari Jumat. Wisata outdoor bisa menjadi pilihan yang menyenangkan bersama keluarga. Banyak sekali wisata outdoor, tapi saya lebih menekankan pada wisata bertema alam seperti pantai, hutan atau kebun binatang dan taman safari.

Pagi ini, kebetulan ada kesempatan jalan – jalan dengan keluarga pak Kholis (sori bro.. terkesan tua ya :D). Sungguh menyenangkan jika sudah punya anak dan istri, kebanyakan yang mengunjungi tempat wisata tersebut adalah anak sekolah serta keluarga baru yang punya anak berumur beberapa bulan hingga 5-7 tahun. Liburan ditempat wisata seperti kebun binatang membawa kita merasakan indahnya alam dan mengetahui beberapa hal yang tidak kita ketahui di alam apalagi kita terlalu sibuk di kantor dan di kota. Udara AC dan polusi jalan raya membuat pikiran suntuk dan kurang fresh. Namun inilah saatnya untuk me-refresh pikiran tersebut :).

Adakah pilihan lain? Ada banget, bisa juga memilih untuk mencoba outbound bersama keluarga, atau berkunjung ke penangkaran hewan langka sehingga bisa langsung berinteraksi dan membantu rehabilitasi hewan – hewan yang terancam punah di bumi. Selain itu bagi yang punya anak seusia TK maupun SD juga bisa di ajarkan untuk hidup peduli dengan alam dengan bersama – sama membersihkan alam, pantai, hutan atau lingkungan sekitar serta mengajarkan mereka untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dengan begitu akan membuat mereka peduli terhadap alam.

Pergi ke hutan juga pilihan yang tepat, mengadakan camping keluarga di hutan bisa memberikan kedekatan bersama keluarga dan mengajarkan bagaimana hidup di alam bebas. Hal ini akan membiasakan anak – anak untuk bisa berintegrasi dengan alam dan menghangatkan hubungan kekeluargaan. Tepat sekali untuk mengisi liburan panjang ini. Tak heran sering kita lihat di film – film Amerika yang terkadang ada scene tentang keluarga yang bepergian keluar dan mengadakan camping di hutan.

Continue reading

Tips Saat Mengerjakan Skripsi (yang tidak membuat galau)

Rata – rata mahasiswa semester akhir pasti galau kalau masuk masa – masa skripsi. Nah, bagaimana caranya biar tidak galau? *bahasa apaan sih galau galau.. ckckck…

Lalu bagaimana biar semangat dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhir, begini ceritanya eh caranya.

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Ini penting, kalau kamu memang benar-benar percaya padaNya. Karena usaha tanpa doa itu akan sia – sia dan doa tanpa usaha juga tak berguna. ūüôā

2. Pasang target dan buat jadwal
Cobalah untuk memulai memeras diri sendiri sebelum diperas oleh orang lain, seperti itulah kenyataan di dunia kerja nantinya baik yang bekerja sebagai bawahan, atasan atau wirausaha. Tetap ada peran orang lain yang berusaha membuat otak kita diperas habis – habisan. Sebelum mereka melakukan itu, lakukan dulu pada diri sendiri. Jangan tertipu dengan batas akhir munaqosah dan segala macamnya. Jika kamu pelupa, sebaiknya menuliskan besar – besar kapan deadline untuk skripsi kamu, dan kapan kamu menyelesaikan persiapannya.

Continue reading

Tarakan Blackouts, Kenapa Bisa Terjadi?

Saya lebih senang menyebutnya rolling blackout atau secara singkat BLACKOUT daripada pemadaman bergilir, mati lampu atau semacamnya. Soalnya rada kerenan sedikit lah :D. Ini sering sekali terjadi di Tarakan bukan hanya sekali tapi setiap hari dari bisa 4 sampai 5 jam. Kenapa?

Karena kurangnya pasokan energi ke PLN untuk disalurkan menjadi listrik rumah tangga dan industri kecil menengah.

Foto oleh Herry Fitrian

Ini sebuah masalah karena menyangkut kerugian berbagai sektor. Mungkin bagi mereka yang memiliki dana lebih bisa memanfaatkan genset, namun bagi mereka yang tidak hanya bisa bersabar menunggu listrik menyala kembali. Berikut ini masalah di berbagai sektor, antara lain :

Continue reading

Terima Kasih.. Buat Semua Dosen TIF UIN SUKA

Pagi itu memang acara yang paling mengesankan di mana semua dosen TIF UIN Sunan Kalijaga mulai dari dosen tetap dan dosen tidak tetap berkumpul jadi satu. Ya.. di acara workshop pengembangan kurikulum program studi TIF UIN. Saya tidak ingin membicarakan soal acaranya, tapi saya ingin cerita tentang bagaimana rasanya bisa melihat semua dosen TIF dalam satu ruangan seperti itu.

Meski saya belum dianggap alumni (belum dapat ijazah soalnya) tapi Alhamdulillah sudah menyelesaikan S1 di Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga. Tak terasa waktu yang cukup panjang saya lewati sejak pertama kali terdaftar sebagai mahasiswa TIF UIN tanggal 1 September 2008 hingga saya lulus pada 23 Oktober 2012. Bertemu dengan banyak dosen, baik itu dosen TIF.. atau pun dosen non-TIF :P.

Continue reading

Antrian di SPBU, Apa Penyebabnya?

Kejadian ini bukan hanya di satu kota, tapi di banyak kota di Indonesia. Dalam tulisan ini saya lebih menyinggung fenomena yang terjadi di Kota Tarakan, Kaltim. Beberapa saat yang lalu dan mungkin sampai saat ini, antrian baik motor maupun mobil cukup panjang di SPBU. Dikarenakan kurangnya pasokan bensin premium dan solar serta banyaknya kebutuhan dari pengendara kendaraan bermotor.

Sebelum men-judge apa yang terjadi sebenarnya, mari kita telaah terlebih dahulu sebab – sebab terjadinya antrian tersebut. Ternyata tidak hanya di Tarakan, Saya tinggal di Yogyakarta dan sore hari ini (maaf lupa di potret) saya melihat antrian motor 2 baris di SPBU sekitar 10-12 motor dikalikan 2 jadinya mungkin sekitar 20-24 motor lah. Sekarang kita analisa kenapa terjadi antrian sepanjang itu untuk kota sebesar ini, padahal jumlah SPBU sangat menjamur, bahkan tidak dapat dihitung dengan jari. Saya melihat itu di SPBU Jalan Adi Sucipto yang merupakan jalan utama walaupun bukan tengah kota, akan tetapi SPBU terdekat lainnya di jalan itu hanya berjarak sekitar 500 meter – 1 Kilometer. Bayangkan sedekat itu saja masih banyak motor yang antri untuk beli bensin dan SPBU tersebut rata – rata buka 24 jam.

Sekarang kembali ke Tarakan, apa sih yang membuat antrian panjang di SPBU?

Continue reading

Pola Cemburu oleh Lex dePraxis

Artikel ini merupakan rangkuman dari tweet yang diberikan oleh Lex dePraxis. Bagi kalian yang tahu Hitman System, pasti kenal siapa Lex. Saya menulis ulang ini untuk memudahkan membagi pengetahuan dari Lex ke teman Рteman yang lain karena lewat Twitter belum tentu semua pakai Twitter bukan? Bagi yang ingin mendapatkan trik romansa dari Hitman System bisa langsung follow di sini @lexdepraxis atau @hitmansystem. Atau langsung ke situsnya http://hitmansystem.com/

Mereka yang sudah memiliki pasangan atau gebetan pasti memiliki rasa cemburu dan sebagian yang tidak mengerti apa itu cemburu pasti mengartikan bahwa cemburu itu karena rasa cinta dan sayang. Padahal sebenarnya jauh dari kata cinta.  Kenapa? Mari kita baca share dari Lex dePraxis

¬†#polacemburu¬†adl sharing blak-blak’an frontal ttg fenomena cemburu yg MERACUNI byk hubungan cinta. Banyak orang bilang cemburu adl tanda/bukti cinta, benarkah demikian? Katanya semakin besar rasa cintanya, semakin besar juga efek cemburunya. Selain tanda cinta, cemburu jg srg jd pembenaran perilaku yg menyakiti.¬†nah sebelum bongkar¬†#polacemburu, yuk lirik berbagai definisi cemburu menurut sejumlah referensi yg mudah saya temui.

English Wikipedia: jealousy => pikiran negatif, rasa takut, dan kecemasan akan kehilangan sesuatu..

Dictionary(dot)com: cemburu => ketakutan/kecurigaan akan adanya ancaman, persaingan, ketidaksetiaan..

Kamus Besar Bahasa Indonesia: cemburu => keirihatian, kesirikan, kecurigaan, kekurangpercayaan..

Kamus Sinonim Indonesia: cemburu => berprasangka, sirik, panas hati..

Kamus Mandarin: cemburu => chńę c√Ļ yang terjemahan langsungnya adalah ‘meminum air cuka’..

Kamus Melayu: cemburu => iri hati, curiga, berjaga-jaga..

nah sudah 6 definisi itu aja.. adakah kamu lihat definisi yg POSITIF/INDAH/PENUHCINTA dari kata cemburu? ūüėČ kalo definisinya aja ga positif, kok masih bisa-bisanya kamu merasa cemburu adl tanda cinta yg positif?!?¬†kalo kamu blg cemburu itu mehangatkan hubungan, berarti kamu mau ya saya suruh minum air cuka (chńę c√Ļ) ?

trus ada byk yg nanya ke saya, “Lex, gmn caranya cemburu yg sehat?” dan saya selalu jawab, MATI AJA BRO/SIS! Nanya gimana cara cemburu yang sehat itu sama aja kayak nanya gimana cara menyakiti diri yang sehat.. bego!

Sebegitu negatifnya cemburu, efeknya ga cuma rusak hubungan.. tapi bisa mematikan!

Demi masa depan hubungan cinta (dan nyawa kamu!), tlg BUANG JAUH persepsi bhw cemburu adl tanda cinta. Jadi apa sih sebenarnya AKAR dari cemburu? berbagai definisi kamus udah bener kok: rasa takut.. bukan cinta. Takut apa sih? takut kehilangan pasangan yang sudah kita investasikan energi, waktu, biaya, dsb padanya. Dgn kata lain, cemburu adalah takut merugi kehilangan semua nilai yang sudah pernah kita keluarkan.

Rasa takut itu adl mekanisme pertahanan yg sudah terprogram dan teraktifkan otomatis di biologi DNA kita. Wanita cenderung lbh mudah terpicu merasa takut krn ‘biaya reproduksi’ lebih mahal di wanita drpd di pria.¬†Saat hamil, kondisi wanita ‘agak lemah’.. adanya pasangan utk bantuan & proteksi adl aset yg sgt bernilai. Itu sebabnya wanita scr genetik terprogram utk ‘mudah takut’ & peka baca situasi yg bs merebut pasangannya. Kalau¬†pasangan pergi/direbut, si wanita harus kerja ekstra keras 9bln hamil dan 5tahun+ merawat bayi sendiri.

Jaman skg itu mungkin ga tlalu berat, tp selama ribuan tahun yg lalu itu adalah periode yg berat & bahaya. Jadi rasa takut prehistorik itulah yg scr evolusi terus terprogram dalam sistem DNA kita hingga saat ini. Pada masa-masa itu, seorang wanita yg kehilangan pasangan bs terancam banyak bahaya, tsiksa, bahkan mati.

Kaum pria juga scr evolusi terprogram rasa takut yg sama, tapi alasannya agak beda: status sosial. Jika wanita takut bahaya/sakit/mati, pria takut kalah/dianggap-lemah/tidak-mampu oleh tatanan masyarakatnya. Jadi pria juga takut pasangannya pergi/direbut, krn itu bisa membuatnya kehilangan prestise tertentu. Takut sakit/bahaya maupun takut kalah/jelek, scr singkat bisa dikategorikan sbg takut merugi/dirugikan. Takut merugi/dirugikan itulah yang terus kita alami hingga skg ini, dan kita kenal dg istilah CEMBURU.

Spt selalu saya share dlm¬†@HitmanSystem, hub cinta adl sistem transaksi sosial utk kebutuhan reproduksi. Nah cemburu adl reaksi takut yg muncul krn adanya persepsi ancaman thd sistem transaksi yg sedang berjalan. Persepsi ancaman itu bisa hasil input fakta/realita, bisa juga hasil kreatifitas imajinasi kita saja¬†yg sialnya adl ada atau tidak adanya input, kita TERPROGRAM utk sesekali takut/cemas akan transaksi tsb. Artinya skalipun ga ada alasan takut, otak kita bisa PROAKTIF bikin-bikin sendiri imajinasi yg menakutkan. Demi merasa sdg menjaga hubungan, otak kita PROAKTIF nyambungin trauma, kisah, kejadian yg menakutkan.¬†Itulah sebabnya kita kadang menuduh/dituduh kegiatan yang sama sekali ga terjadi dengan pasangan kita. Sampai di sini, kamu udah semakin ngerti ‘kan tentang akar cemburu, proses kerja, dan keribetannya?¬†Itu semua berbasis teori psikologi evolusi, skg saya bahas¬†#polacemburu¬†menurut Relationship Dynamics di¬†@HitmanSystem.

Coba jawab ini: jika merasa takut, reaksi alamiah apa yang akan dilakukan manusia di seluruh dunia?

Di kondisi bahaya, otak dan tubuh kita scr otomatis masuk kondisi FIGHT (bertahan) or FLIGHT (berlari). Dalam konteks hubungan cinta, krn itu dianggap sgt bernilai, jarang sekali cemburu lsg bikin pgn flight/putus. Ada aja sih yg cemburu dikit lsg ngajak putus, tp normalnya pencemburu lsg masuk ke kondisi FIGHT. Saat kondisi fight itu seluruh energi tubuh difokuskan utk membaca situasi dan menutup/melindungi diri. Inilah fase pertama cemburu, yaitu Menutup Diri.. kebanyakan orang saat cemburu jdnya diam memendam saja. Makin kamu tanya, makin dia menjauh/memendam/menutup diri.. tp kl kamu ga tanya, dia akan BERUSAHA nunjukin. Saat otak dlm kondisi fight, pencemburu sulit diajak santai, bercanda, atau menikmati kenikmatan apapun. Apa yg dilakukan orang tsb saat menutup diri? mengamati, menilai, mengumpulkan data.. pokoknya sgt waspada. Ini bisa berarti stalking/investigasi kegiatan pasangan, mencari hal-hal yang bisa meneguhkan ketakutannya.

Jika ditemukan data yg memperkuat kecurigaan, cemburu itu meningkat dari Menutup Diri jadi Menutup Aset. Fase kedua itulah si pencemburu mempresentasikan & mengkonfrontasikan data investigasinya pada pasangan. Atas dasar data investigasi itu, si pencemburu minta/nuntut kamu membatasi kegiatan yang mencurigakan. Di fase pertama si pencemburu banyak diam, di fase kedua dia banyak ajak dialog.. yg serba menyudutkan. Dia rajin bertanya ini-itu, minta kejelasan ini-itu, berulang kali nyambungin ini-itu, melarang ini-itu. Kamu wajib laporan, cek isi message, video calling, unfriend unfollow mantan/ancaman, ga boleh reply, dsb. Sialnya adl sekalipun sudah sampai tahap kedua, itu bukan berarti si pencemburu akan berhenti cemburu. Inilah dua fase #polacemburu yang paling sering & tipikal terjadi di hubungan cinta: Menutup Diri, lalu Menutup Aset.

Sesuai Hukum Investasi dlm Relationship Dynamics @HitmanSystem, emosi yg diolah adl emosi yg terus berbuah. Jadi jika rasa cemburu itu dipendam lalu ditindaklanjuti, jelas rasanya akan terus makin meningkat. Artinya sekalipun kamu dilarang-ini-itu oleh si pasangan yg cemburu, dia justru ngerasa makin cemburu. Ibaratnya bola salju, sekali sudah bergulir turun lereng dia akan terus menggulung makin besar dan besar. Akan ada satu titik dia berani bersikap destruktif terhadap apapun yang DIANGGAP membahayakan hubungan. Pada titik tersebut, cemburu sudah masuk ke fase terakhir, fase paling berbahaya yaitu Menyerang Ancaman. Seperti apa tingkah lakunya? teror teman lawan jenis, ngejelekin sahabat kamu, maki-maki mantan kamu. Ambil alih kendali social media & gadgets kamu, nge-post status palsu yg nunjukin cinta kamu ke dia, dsb. Si pencemburu seolah menggila.. bersedia bertindak apapun yg bisa MENGHAPUS dan MENGELIMINASI pihak ancaman. Inilah tiga fase lengkap dari #polacemburu dalam hubungan cinta: Menutup Diri, Menutup Aset, dan Menyerang Ancaman. Dlm ilmu Relationship Dynamics @HitmanSystem, ketiga fase#polacemburu itu dikenal dg DEFENSIVE, PROTECTIVE, dan OFFENSIVE. Tidak ada satupun fase yang sehat, itu artinya tidak ada cemburu yg sehat.. cemburu pasti & selalu merusak!

Cemburu ga bikin kamu lbh sayang/cinta, justru menyabotase, melemahkan, mengkerdilkan kemampuanmu mencintai.¬†Cemburu bersumber dari rasa takut, dan sesungguhnya rasa takut adalah PEMBUNUH NOMOR 1 utk hubungan cinta. Skg kamu sudah SANGAT TEREDUKASI ttg¬†#polacemburu.. pertanyaan saya: apakah kamu MASIH MAU TERUS MEMELIHARA cemburu?!¬†nantikan sharing lanjutan dari#polacemburu¬†besok-besok.. yaitu cara¬†#stopcemburu! ūüėȬ†Sekian sharing ttg¬†#polacemburu, saya yakin pasti memberi banyak manfaat utk hubungan cinta kamu sekarang dan masa depan!

jangan lupa follow juga¬†@hitmansystem.. satu-satunya pusat edukasi dan fasilitasi romansa terlengkap di Indonesia! ūüėČ dan jangan lupa follow¬†@lexdepraxis¬†yang sudah sharing tentang¬†#polacemburu.

Sumber : Lex dePraxis, Hitman System

Review LG Optimus Dual Net P-689

Handphone Android yang menggunakan dual sim. Sangat jarang ada di pasaran namun LG membuat trobosan baru untuk memenangkan pasaran handphone android. Meskipun rivalnya Samsung mengeluarkan jenis handphone yang sama yaitu Galaxy Young Duos, akan tetapi kualitas pixel dari LG lebih baik dari Samsung dan harganya pun lebih mahal meskipun sebagian spesifikasi sama.

Akhir – akhir ini pasaran Android dual sim mulai ramai sampai pada akhirnya Sony Xperia pun mengeluarkan Android dual sim yaitu Sony Xperia Tipo Dual dengan harga sekitar Rp. 1,6 jutaan. Cukup murah dibandingkan LG Optimus Dual Net yang masih menggunakan Android 2.3.4 sedangkan Sony Xperia Tipo sudah menggunakan Android 4.0 ICS.

Kembali ke LG Optimus Dual Net, bagi saya handphone ini cukup membantu dengan fitur dual simnya. Dual sim yang digunakan ini untuk membedakan antara SIM Card untuk sms dan telepon dan SIM Card untuk internet. Continue reading

Indoor Positioning System with Smartphone Research

Setelah menghabiskan waktu selama 7 bulan, akhirnya penelitian ini selesai juga dengan hasil yang sangat memuaskan :). Penelitian yang terfokus pada tingkat akurasi dan penemuan konsep baru dalan Indoor Location. Penelitian ini saya lakukan untuk memenuhi Tugas Akhir saya di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Meski merupakan konsep penelitian yang bisa dibilang baru di Indonesia, namun bagi saya ini sudah termasuk terlambat karena di luar termasuk perusahaan besar seperti Google telah membuat Indoor Maps.

Oleh karena itu, fokus saya di sini ingin mengetahui bagaimana pengaruh dari akses poin dan akurasinya dalam menentukan lokasi di dalam ruangan. Kita tahu bahwa GPS tidak dapat menembus gedung / sangat sulit dalam mengunci satelit dan akurasinya pun kurang bagus. Dari hasil penelitian ini dengan menggunakan lebih dari 200 data sebagai pembanding mendapatkan akurasi sekitar 46% dengan menggunakan referensi akses poin dalam sebagai acuan penentu lokasi.

Continue reading